Bsalam.id | Portal Peer to Peer Financing Haji dan Umroh Berbasis Syariah.

Syarat & Ketentuan

  1. LATAR BELAKANG

    Bsalam adalah platform layanan peer to peer financing (pemberian pembiayaan) yang berbasis teknologi informasi yang dibuat dan dioperasikan oleh PT Maslahat Indonesia Mandiri, sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan tunduk berdasarkan hukum negara Kesatuan Republik Indonesia, berdomisili di Jakarta Selatan.

  2. DEFINISI

    Layanan peer to peer financing (pemberian pembiayaan) adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pembiayaan dan penerima pembiayaan dalam rangka melakukan perjanjian pembiayaan dalam mata uang rupiah secara langsung melalui system elektronik dengan menggunakan jaringan internet.

  3. PERSYARATAN

    • Untuk menggunakan platform ini, pengguna wajib membuka akun yang disediakan oleh Bsalam.
    • Pengguna platform yang berminat menjadi Pemberi Pembiayaan adalah perseorangan dan wajib berusia 21 tahun ke atas atau sudah menikah yang dibuktikan dengan KTP.
    • Pengguna platform yang berminat mendapatkan pembiayaan sebagai penerima pembiayaan adalah Perusahaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang telah memiliki ijin lengkap sesuai ketentuan yang berlaku.
    • Uang yang dipergunakan untuk pemberian Pembiayaan bukan berasal dari hasil tindak kejahatan/pelanggaran hukum atas ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    • Syarat minimum Pemberian Pembiayaan adalah sebesar Rp 3.000.000,- (tiga juta rupiah)
    • Pengajuan permohonan pembiayaan pertama yang dapat difasilitasi melalui Bsalam maksimum adalah sebesar Rp.500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) atau sesuai hasil perhitungan/analisa kebutuhan modal kerja pemberangkatan oleh Bsalam. Permohonan pembiayaan dapat meningkat sesuai kebutuhan dan kondite pembiayaan sebelumnya. Maksimum pemberian pembiayaan yang dapat difasilitasi melalui Bsalam sebesar Rp.2.000.000.000,- (dua milyar rupiah) per penerima pembiayaan, hal ini sesuai dengan POJK No77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.
    • Pengguna platform wajib menyalurkan dana untuk pemberian pembiayaannya melalui rekening (virtual account) yang disediakan oleh Bsalam.
    • Menggunakan platform untuk kegiatan yang tidak melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    • Menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan platform.
    • Pengguna akan dikenakan biaya perpajakan yang timbul sebagai akibat dari penggunaan platform ini sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    • Pengguna akan melakukan analisis risiko atas bisnis platform ini secara mandiri.
    • Pengguna bersedia memberikan kuasa kepada Bsalam untuk menandatangani seluruh formulir aplikasi, dokumen, korespondensi, dan hal-hal lain yang diperlukan dengan Penerima Pembiayaan dan/atau pihak lainnya dalam rangka pelaksanaan Layanan
  4. TATA CARA PENGGUNAAN BSALAM

    • Melakukan pendaftaran Akun pada website/aplikasi Bsalam.
    • Memberikan data yang akurat, dan tidak menyesatkan, serta memperbarui informasi jika terdapat perubahan data pribadi.
    • Melakukan aktivasi akun melalui email dan pin aktivasi yang diterima oleh nomor telepon yang terdaftar. Mengisi form kelengkapan dokumen termasuk upload KTP/Passpor, NPWP, dan dokumen identitas lainnya sebagaimana dipersyaratkan oleh Bsalam
    • Pengguna menjaga kerahasiaan keamanan password dan ID akunnya yang didaftarkan pada platform ini.
    • Pengguna bertanggung jawab atas segala informasi yang diberikan kepada Bsalam.
    • Setelah terdaftar sebagai pengguna maka :

      Pemberi Pembiayaan dapat memilih pembiayaan yang dikehendaki secara langsung melalui dashboard pengguna pada platform Bsalam.

      Penerima Pembiayaan dapat mulai mengajukan permohonan pembiayaan disertai dokumen pendukung usaha pengguna yang diajukan. Pengguna setuju untuk mengikuti ketentuan dan proses yang harus dijalankan dalam rangka memperoleh pembiayaan melalui olatform. Apabila dana pembiayaan yang terkumpul sebesar minimal 60% maka Pengguna berkomitmen untuk tetap menarik dan menggunakan dana pembiayaan melalui Bsalam.

    • Pengguna bertanggung jawab atas penggunaan serta segala tindakan yang dilakukan melalui akun pengguna pada
    • Pengguna menyetujui seluruh perjanjian atau ketentuan yang disediakan Bsalam secara online.
    • Atas layanan platform maka pemberi pembiayaan tidak dikenakan biaya sedangkan kepada Penerima Pembiayaan dikenakan biaya layanan sebesar 2,5% dari limit pembiayaan yang diterima.
    • Menggunakan platform dengan itikad baik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    • Tidak memposting konten-konten yang berbahaya, mengancam, memfitnah, melanggar hukum, menghina, mengadu domba, menghasut, melecehkan, vulgar, cabul, mengandung unsur penipuan, menyerang privasi atau hak publisitas, kebencian, diskriminasi suku, ras, dan agama.
  5. PELAYANAN BSALAM

    • Bsalam menyediakan layanan call centre.
    • Bsalam menyediakan forum Answer Question (FAQ).
    • Memberikan notifikasi terkait dengan Layanan dan/atau platform, apabila diperlukan.
    • Bsalam memberikan informasi, melakukan risk scooring dan mengadministrasikan pembiayaan yang dilakukan melalui platform Bsalam.
  6. PERNYATAAN, JAMINAN, DAN INDENTIFIKASI

    Bsalam berkomitmen penuh untuk memenuhi ketentuan-ketentuan dalam Peraturan OJK dan peraturan lainnya yang berlaku yang mengatur mengenai FinTech Lending.

    Bsalam akan senantiasa berupaya untuk memberikan Layanan dan keamanan platform untuk kepentingan Pengguna. Namun jika terjadi hal-hal di luar kontrol Bsalam antara lain kejahatan cyber, server bermasalah, atau malware, Pengguna mengakui dan setuju untuk melepaskan dan membebaskan Bsalam dari tanggung jawab atas gangguan tersebut. Bsalam senantiasa menjaga keamanan informasi pribadi Pengguna dan akan memperbaiki setiap gangguan yang menyerang platform. Terkait dengan perbaikan gangguan, Pengguna mengakui dan setuju untuk melepaskan serta membebaskan Bsalam dari segala bentuk kerugian yang dialami oleh Pengguna sehubungan dengan proses perbaikan tersebut.

    Pengguna memberikan Bsalam izin untuk menggunakan material dan informasi yang didaftarkan dan dikirimkan kepada kami melalui platform termasuk pertanyaan, review, komentar, dan saran. Pengguna juga memberikan kami hak untuk menampilkan nama atau username saudara terkait dengan review, komentar, atau saran.

    Pengguna tidak akan memberikan alamat email yang salah/palsu serta menggunakan nama dan data/informasi orang lain.

    Pengguna memberikan persetujuan dan mengizinkan Bsalam untuk menggunakan segala infromasi yang Pengguna berikan termasuk informasi pribadi untuk pengiriman informasi dan promosi email kepada Pengguna. Persetujuan saudara terkait hal ini juga memat persetujuan terkait dengan peraturan perundang-undangan mengenai control spam yaitu penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya, jika ada dan berlaku diwilayah negara Kesatuan Republik Indonesia.

  7. LISENSI PLATFORM

    Saat ini kegiatan usaha Bsalam telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  8. PEMBERIAN KUASA

    Pengguna setuju memberikan kuasa dengan hak substitusi kepada Bsalam untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

    1. Untuk berkomunikasi dan menandatangani Perjanjian Pembiayaan dengan Penerima Pembiayaan;
    2. Menerima pengembalian pokok pembiayaan beserta bagi hasil dari Penerima Pembiayaan melalui escrow account/rekening penampungan atas nama Bsalam;
    3. Melakukan negosiasi dengan penerima Pembiayaan atau pihak ketiga terkait dengan Pembiayaan/pelunasan Pembiayaan.
  9. PEMUTUSAN KONTRAK

    • Pemutusan Kontrak oleh Bsalam dapat secara mandiri atau atas diskresinya untuk memutuskan kontrak dengan Pengguna dikarenakan telah terjadi wanprestasi atau pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan Penggunaan platform Bsalam atau pemutusan kontrak ini dapat juga terjadi atas permintaan penegak hukum karena alasan apapun sehubungan dengan penegakan hukum yang berlaku. Pemutusan kontrak oleh Bsalam dilakukan dengan cara Pengguna tidak lagi dapat mengakses akun, tidak dapat menggunakan Layanan dan/atau platform Bsalam.
    • Pemutusan Kontrak oleh Pengguna Pengguna dapat memutuskan kontrak dengan Bsalam dengan cara memberikan notifikasi tertulis kepada kami dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja. Selanjutnya Bsalam akan menonaktifkan akun Pengguna.
    • Pasal 1266 KUHPerdata Bsalam dan Pengguna sepakat bahwa pemutusan kontrak ini tidak memerlukan persetujuan atau keputusan dari Hakim/Pengadilan sebgaimana dimaksud Pasal 1266 KUHPerdata.
  10. BATASAN TANGGUNG JAWAB DAN DISCLAIMER

    • Jasa penyelenggaraan, sistem elektronik dan materi yang disediakan oleh Bsalam bersifat ilustrasi semata dan tidak bisa dimintakan pertanggungjawaban atas akurasinya. Semua data dan/atau informasi yang disediakan dalam layanan ini hanya bersifat informatif. Bsalam tidak memberikan jaminan dalam bentuk apapun terhadap kebenaran informasi yang diberikan baik secara implisit maupun secara langsung dan dinyatakan dalam layanan.
    • Isi dan materi yang tersedia pada situs ini dimaksudkan untuk memberikan informasi dan tidak dianggap sebagai sebuah penawaran, permohonan, undangan, saran, maupun rekomendasi untuk pendanaan atau investasi. Platform dan produk mungkin berisi link dan atau referensi ke situs web pihak ketiga dan/atau konten. Perusahaan tidak bertanggung jawab untuk situs web pihak ketiga dan atau konten tersebut.
    • Bsalam termasuk setiap direktur, komisaris, pemegang saham. Karyawan, afiliasi, wakil, agen-agen, atau vendor-vendornya tidak memiliki tanggung jawab terkait dengan setiap gangguan atau masalah yang terjadi atau dianggap terjadi yang disebabkan oleh minimnya persiapan atau publikasi dari materi yang tercantum pada platform.
    • Segala informasi yang diberikan Bsalam sesuai dengan ketentuan UU No. 11 Tahun 2008 jo. UU No. 19 Tahun tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, dan Peraturan OJK No. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.
    • Perusahaan menyediakan layanan yang menghubungkan pihak yang memberikan pembiayaan dan pihak yang membutuhkan pembiayaan meliputi pendanaan dari individu, organisasi, badan usaha, maupun badan hukum kepada individu atau badan usaha. Perusahaan tidak menyediakan segala bentuk saran atau rekomendasi pendanaan atau investasi terkait pilihan-pilihan dalam situs ini.
    • Pendanaan dan/atau pembiayaan yang ditempatkan di rekening Bsalam dan/atau pihak ketiga lain yang ditunjuk Bsalam tidak akan dianggap sebagai simpanan yang diselenggarakan oleh Perusahaan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan dibidang Perbankan di Indonesia.
    • Bsalam tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian yang disebabkan oleh perbuatan apapun yang timbul baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap:
      • Segala akses dan tidak bisanya penggunaan sistem layanan Elektronik;
      • Kehandalan terhadap data atau informasi apapun yang diterima dari sistem elektronik;
      • Kegagalan sistem, server atau jaringan, error, gangguan, keterlambatan transmisi, virus komputer atau segala kerusakan, error dalam pengkodean, dan
      • Segala penggunaan terhadap halaman web lain yang terhubung dengan layanan, bahkan setelah Bsalam ataupun karyawannya telah menyarankan atau sebaliknya tidak mengantisipasi hal tersebut.
    • Dengan mendaftar/membuat akun atau menggunakan platform untuk melihat kesempatan investasi, Pengguna menyatakan berhak dan sah untuk melihat kesempatan investasi dimaksud, Pengguna adalah investor yang sah, dan menyetujui seluruh Syarat dan Ketentuan dalam platform ini tidak terkecuali.
  11. PERINGATAN TERHADAP RISIKO INVESTASI/PEMBIAYAAN

    • Terdapat risiko yang dapat mengakibatkan sebagian atau seluruh uang Pengguna akan hilang sehubungan investasi yang ada lakukan melalui Layanan karena Penerima Pembiayaan mengalami kegagalan dalam usaha pemberangkatannya. Jika bisnis yang dilakukan oleh Penerima Pembiayaan gagal/bangkrut maka Pengguna memiliki risiko kehilangan uang yang diinvestasikan sebagai akibat dari kegagalan pembayaran oleh Penerima Pembiayaan. Dalam hal ini Bsalam tidak memberikan jaminan atas investasi pada platform ini, oleh karenanya tidak ada recourse kepada Bsalam jika Pengguna menderita kerugian. Pengguna disarankan untuk tidak menginvestasikan/memberikan pembiayaan melebihi dari yang Pengguna dapat tanggung tanpa mengurangi standar hidup Pengguna.
    • Pengguna mungkin tidak akan menerima informasi yang memadai untuk keputusan melakukan investasi pada platform ini.
    • Pengguna disarankan untuk mencari saran professional terkait dengan investasi melalui platform ini jika Pengguna kurang memahami risiko investasi yang ditawarkan oleh Bsalam atau pernyataan Bsalam sebagaimana dimaksud dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  12. TAUTAN, ALERTS DAN ADVERTISING

    Bsalam akan memberikan tautan website/konten lain yang dimiliki dan operasikan oleh pihak ketiga, oleh karenanya isi atas konten pihak ketiga tersebut di luar kendali kami dan bukan merupakan tanggung jawab Bsalam serta menjadi risiko Pengguna.

    Bsalam akan melampirkan banners, java applets atau bentuk lain untuk tujuan iklan Bsalam atau afiliasi Bsalam atau vendor produk/layanan Bsalam. Terkait dengan ini, Pengguna tidak akan menerima pembayaran, ongkos atau komisi dari iklan atau promosi dimaksud.

  13. FORCE MAJEURE

    Bsalam tidak bertanggung jawab atas kegagalan kinerja, kesalahan, gangguan, atau keterlambatan dalam pelaksanaan kewajiban yang tertera dalam Syarat dan Ketentuan ini. Selain itu Bsalam tidak bertanggung jawab terhadap ketidakakuratan, unreliability, atau ketidaktepatan dari konten platform dan/atau Layanan, yang terjadi baik seluruhnya maupun sebagian, secara langsung maupun tidak langsung terhadap suatu peristiwa atau kegagalan yang berada di luar kontrol kami.

  14. KETENTUAN UMUM

    • TIDAK ADA PENGESAMPINGAN

      Tidak ada kegagalan untuk melaksanakan atau penundaan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini, suatu hak, kuasa atau perbaikan oleh salah satu pihak sebagaimana berdasarkan hukum yang berlaku atau Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini, yang dapat mengakibatkan adanya pengesampingan atas hak, kuasa atau perbaikan berdasarkan hukum atau dalam Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini, atau mengurangi hak, kuasa atau perbaikan tersebut. Tidak ada satu atau sebagian pelaksanaan hak, kuasa atau perbaikan dapat menghindari atau mengurangi pelaksanaan atau pelaksanaan lanjutan dari hak, kuasa atau perbaikan tersebut berdasarkan hukum atau Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini.

    • KETERPISAHAN

      Apabila kapanpun terdapat ketentuan dari Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini yang terbukti menjadi ilegal, tidak sah, maupun tidak dapat dilaksanakan, legalitas, keabsahan, pelaksanaan dari ketentuan yang lain tidak akan dalam hal apapun terpengaruh atau terkurangi karenanya, dan para pihak akan segera membuat perubahan yang, beserta ketentuan lainnya yang masih tersisa, akan menimbulkan kewajiban dan hak para pihak mendekati serupa dengan ketentuan yang telah dinyatakan ilegal, tidak sah dan tidak dapat dilaksanakan tersebut.

    • HAK PIHAK KETIGA

      Pihak ketiga yang bukan merupakan pihak dalam Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini tidak tunduk pada ketentuan yang diatur disini atau dengan kata lain tidak ada ketentuan yang dapat memberikan hak untuk mengalihkan tanggunggung jawab Syarat dan Ketentuan ini kepada pihak ketiga.

    • HUKUM YANG BERLAKU DAN YURISDIKSI

      Syarat dan Ketentuan penggunaan Platform dan Layanan tunduk, diatur, dan ditafsirkan sesuai dengan hukum negara Kesatuan Republik Indonesia. Segala bentuk sengketa yang mungkin timbul akan diselesaikan di Badan Arbitrase Nasional Indonesia (“BANI”) berdasarkan ketentuan dan prosedur BANI.

    • INJUCTIVE RELIEF

      Dalam hal terjadi risiko/kerugian yang bersifat monetary (monetary damages), maka Bsalam memiliki hak untuk melakukan setiap tindakan untuk memulihkan (remedy) termasuk melakukan injunctive relief, jika diperlukan.

    • GANTI RUGI

      Pengguna mengakui dan menyetujui untuk melepaskan, dan membebaskan Perusahaan, afiliasinya, pemegang sahamnya, direksi, dewan komisaris, karyawan, subkontraktor, agen, vendor dari dan atas segala bentuk tuntutan, gugatan, klaim, kerugian, ganti rugi, biaya konsultan hukum, yang disebabkan oleh pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini dan ketentuan lainnya yang ditetapkan oleh Perusahaan yang dilakukan oleh Pengguna.

    • AMANDEMEN

      Bsalam akan senantiasa mengkaji kecukupan Syarat dan Ketentuan ini. Bsalam berhak untuk melakukan amandemen atas Syarat dan Ketentuan ini setiap saat. Setiap perubahan yang kami buat akan dimuat dalam platform.

    • PERBAIKAN KESALAHAN

      Segala bentuk kesalahan pengetikan, tata Bahasa, penerimaan, invoice atau dokumen lain oleh Bsalam disepakati akan diperbaiki oleh Bsalam dan tidak akan menimbulkan kewajiban/pertanggungjawaban hukum/financial.

    • MATA UANG

      Mata uang yang dipergunakan untuk transaksi menggunakan Layanan platform ini adalah Rupiah.

    • BAHASA

      Bahasa yang dipergunakan dalam Layanan dan/atau Platform ini adalah Bahasa Indonesia, namun Bsalam akan menyediakan versi Bahasa Inggris. Jika terdapat perbedaan terjemahan/arti maka yang berlaku adalah Bahasa Indonesia.

    • KESELURUHAN PERJANJIAN

      Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini (beserta seluruh dokumen yang disebut di sini atau dibuat secara serentak oleh para pihak sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini) merupakan keseluruhan kesepakatan antara para pihak dan mengesampingkan segala kesepakatan yang ada sebelumnya atau pengaturan antara mereka sehubungan dengan hal yang menjadi pokok Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan, dengan ini dinyatakan pula bahwa tidak ada perubahan atas Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini yang akan berlaku efektif kecuali sesuai ketentuan 10.5 Syarat dan Ketentuan penggunaan platform dan Layanan ini.

    • BINDING DAN CONCLUSIVE

      Pengguna mengakui dan menyetujui bahwa setiap catatan/rekaman termasuk rekaman telepon terkait Layanan jika ada, akan disimpan oleh Bsalam atau service provider Bsalam terkait dengan Layanan dan/atau Platform.Pengguna dengan ini menyetujui bahwa seluruh catatan/rekaman dimaksud diterima sebagai bukti dan Pengguna tidak akan mengajukan tuntutan atau sengketa atas penerimaan, keandalan, keakuratan atau keaslian dari rekaman dimaksud yang dibuat dalam bentuk elektronik atau sistem komputer lainnya, dan Pengguna dengan ini juga mengesampingkan hak-haknya, jika ada, untuk berkeberatan.

    • KONTAK

      Email: info@bsalam.id

      No Telp: (021) 295-698-67