Bsalam.id | Portal Peer to Peer Financing Haji dan Umroh Berbasis Syariah.

Cara Kerja Bsalam

  • Bsalam mempertemukan antara PPIU yang membutuhkan modal kerja dalam menjalankan usaha pemberangkatan umrohnya dengan pemilik dana yang ingin menginvestasikan dananya melalui skema pembiayaan syariah. Atas Pendanaan tersebut pemilik dana akan mendapatkan pengembalian pokok serta bagi hasil pada akhir periode usaha.

    cara kerja bsalam

    PPIU membutuhkan modal kerja untuk pembayaran tiket airlines dan akomodasi sebelum para jamaah yang menggunakan jasa PPIU tersebut melunasi biaya keberangkatan umrohnya. Pemilik dana lebih yang ingin dananya diputar dalam suatu usaha sehingga mendapatkan bagi hasil usaha, dapat memilih pendanaan kepada PPIU. Skema pendanaan dengan system bagi hasil dipilih karena sesuai syariah dan dalam rangka menghindari riba.

  • Kerja sama pembiayaan antara Pemberi Pembiayaan yang merupakan pemilik modal sebagai pemberi pembiayaan dan PPIU yang merupakan pemilik usaha sebagai penerima pembiayaan melalui Bsalam menggunakan akad musyarakah.

  • Musyarakah adalah kerja sama usaha patungan antara dua pihak atau lebih pemilik modal (syarik/shahibul maal) untuk membiayai suatu jenis usaha (masyru) yang halal dan produktif dengan pembagian keuntungan sesuai bagi hasil yang disepakati

4 Langkah Mudah menjadi Pemberi dan Penerima Pembiayaan melalui Bsalam


No. Pemberi Pembiayaan Penerima Pembiayaan
1.
Melakukan Pendaftaran
Daftar sebagai Pemberi Pembiayaan dengan melengkapi informasi dalam isian pendaftaran.
Melakukan Pendaftaran
Daftar sebagai Penerima Pembiayaan dengan melengkapi isian pendaftaran.
2.
Menelusuri Marketplace
Pemberi Pembiayaan menganalisa program pembiayaan yang ditawarkan berdasarkan informasi yang tertera.
Ajukan Pembiayaan
Penerima Pembiayaan mengajukan pembiayaan dengan mengisi pada form permohonan yang tersedia.
3.
Memberikan pembiayaan
Memilih pembiayaan yang diminati dengan minimal penyaluran sebesar Rp.3.000.000,- (tiga juta rupiah) dan peningkatan kelipatan Rp.500.000,-(lima ratus ribu rupiah).
Champaign pembiayaan yang diajukan
Setelah permohonan pembiayaan yang diajukan dianalisa dan disetujui maka pembiayaan yang diajukan akan ditawarkan kepada pemberi pembiayaan uantuk didanai.
4.
Menerima pengembalian pokok pembiayaan dan bagi hasilnya
Pemberi Pembiayaan akan menerima pengembalian pokok pembiayaan dan bagi hasilnya yang dapat digunakan kembali untuk menyalurkan pembiayaan pada penawaran program pembiayaan lainnya.
Membayar Pokok pembiayaan dan bagi hasil
Penerima pembiayaan mengembalikan pokok pembiayaan dan bagi hasilnya melalui Bsalam sesuai jadwal yang telah ditentukan.