Bsalam.id | Portal Peer to Peer Financing Haji dan Umroh Berbasis Syariah.

FAQ

Bsalam adalah suatu platform yang mempertemukan para Penyelenggara Perjalanan Umroh (PPIU)/Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang memerlukan pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja usaha pemberangkatan umroh/hajinya dengan Pemberi Pembiayaan yang berminat memberikan pembiayaannya melalui platform tersebut. Atas pemberian pembiayaan tersebut maka pemberi pembiayaan akan mendapatkan bagi hasil yang nsbahnya telah disepakati diawal perjanjian pemberian pembiayaan.

Dalam usahanya PPIU/PIHK membutuhkan modal kerja untuk melakukan booking seat dan akomodasi yang harus dibayar sekitar 2-6 bulan sebelum keberangkatan. Sedangkan pembayaran biaya umroh/haji khusus oleh jamaah baru biasanya diterima oleh PPIU/PIHK sebagian dan sebagian lagi akan diterima 1 minggu -1 bulan sebelum keberangkatan.

Bsalam bertindak sebagai platform peer to peer financing

Peer to peer financing adalah platform yang menyelenggarakan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pembiayaan dengan penerima pembiayaan dalam rangka melakukan perjanjian pemberian pembiayaan secara langsung dalam hal ini memanfaatkan teknologi melalui system elektronik dengan menggunakan jaringan internet.

Setiap orang dapat menjadi Pemberi Pembiayaan di Bsalam dengan kriteria telah berumur 21 tahun serta memiliki KTP dan NPWP.

Setiap perusahaan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) dapat menjadi Penerima Pembiayaan di Bsalam. Kriteria PPIU dan PIHK yang dapat menjadi Penerima Pembiayaan di Bsalam adalah :

  1. Telah memiliki legalitas dan perijinan yang sesuai dengan Peraturan yang berlaku.
  2. Telah terdaftar sebagai PPIU/PIHK di Kementerian Negara Republik Indonesia
  3. Telah terdaftar didalam salah satu Asosiasi Penyelenggara Umroh dan Haji yang diakui oleh Pemerintah Republik Indonesia

Sektor Umroh dan Haji merupakan sector yang memiliki tingkat stabilitas usaha yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan volume pemberangkatan umroh yang melebihi kuota jamaah dan meningkat setiap tahun dalam tiga tahun terakhir ini (2014-2017).

test

Bsalam ingin ikut serta dalam meningkatkan kualitas dan pelayanan Umroh & Haji dengan memperkuat modal kerja PPIU/PIHK melalui platform yang dibuatnya sekaligus menyediakan alternative investasi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan return/bagi hasil lebih tinggi dengan risiko yang lebih terukur.

Bsalam memfasilitasi proses pemberian pembiayaan dan mengadministrasikannya didalam system elektronik/platform Bsalam.

Sebagai platform yang mempertemukan antara pelaku usaha dengan penyedia dana, anda dapat bergabung sebagai Pendana untuk dapat membiayai usaha di bidang umroh dan haji. Bagi para pelaku usaha baik PPIU/PIHK, jika telah memenuhi criteria Bsalam dapat mengajukan pembiayaan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja pembayaran booking seat dan akomodasi.

Saat ini Bsalam telah terdaftar di OJK sebagai penyelenggara layanan P2P (Peer to Peer) financing.

Sebagai platform yang mempertemukan antara pelaku usaha dengan penyedia dana, anda dapat bergabung sebagai Pendana untuk dapat membiayai usaha di bidang umroh dan haji. Bagi para pelaku usaha baik PPIU/PIHK, jika telah memenuhi criteria Bsalam dapat mengajukan pembiayaan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja pembayaran booking seat dan akomodasi.

  1. Platform Bsalam telah terdaftar di Kominfo.
  2. Platform bsalam terdaftar di OJK.
  3. Sesuai dengan syariah menggunakan prinsip bagi hasil dengan tingkat keuntungan yang menarik dan tentunya lebih berkah.
  4. Risiko yang lebih terukur
    • Proses dan Penyediaan informasi dilakukan secara online dan on site dengan penilaian risiko serta skema pembiayaan jangka pendek 2 - 4 bulan.
    • Fokus pada sector industry haji dan umroh yang memiliki prospek usaha sangat menarik serta pertumbuhan yang tinggi.
  5. Platform Bsalam diselenggarakan dan dikelola oleh team dengan pengalaman di perbankan syariah khususnya pembiayaan modal kerja umroh dan haji selama lebih dari 10 tahun.
  6. Proses secara online melalui jaringan internet dan dapat diakses kapanpun.
  1. Platform Bsalam telah terdaftar di Kominfo.
  2. Platform bsalam terdaftar di OJK.
  3. Sesuai dengan syariah untuk transaksi dan hasil yang lebih berkah.
  4. Proses cepat dan mudah secara online dengan skema pembiayaan dan persyaratan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan PPIU/PIHK.
  5. Menggunakan prinsip bagi hasil dengan tingkat bagi hasil lebih terjangkau.
  6. Platform Bsalam diselenggarakan dan dikelola oleh team dengan pengalaman di perbankan syariah khususnya pembiayaan modal kerja umroh dan haji selama lebih dari 10 tahun.

Setiap pembiayaan pasti memiliki faktor risiko. Kami menyarankan anda untuk dapat mempelajari dan memahami risiko terkait dengan karakteristik pembiayaan Peer to Peer (P2P) untuk melakukan analisa dan membuat keputusan yang tepat. Sebagai penyedia layanan P2P yang terdaftar di OJK, Bsalam (PT Maslahat Indonesia Mandiri) tidak menanggung ataupun diperkenankan untuk menjamin pengembalian dana yang didanai melalui platform kami.

Bsalam memiliki team yang memproses permohonan pembiayaan sbb :

  1. Bsalam melakukan analisa dan melakukan scooring atas permohonan pembiayaan para PPIU/PIHK.
  2. Bsalam juga mengunjungi kantor layanan PPIU dan melakukan verifikasi kepada komunitas/asosiasi PPIU/PIHK.
  3. Bsalam memperhatikan dan memperhitungkan pengalaman pemberangkatan umroh/haji khusus para penerima pembiayaan.
  4. Sebelum dana pembiayaan dicairkan kepada rekening Penerima Pembiayaan disyaratkan telah ada bukti perintah transfer kepada bank untuk pembayaran booking seat/akomodasi.

Hal ini untuk meminimalisir terjadinya penggunaan dana yang tidak sesuai peruntukannya.

Risiko pembiayaan yang dapat terjadi antara lain :

  • Penerima Pembiayaan mengalami kegagalan keberangkatan umroh jamaah yang dikelolanya sehingga Penerima Pembiayaan tidak dapat mengembalikan pokok pembiayaan yang diberikan oleh Pemberi Pembiayaan.

Hal ini untuk meminimalisir terjadinya penggunaan dana yang tidak sesuai peruntukannya.

Pemberi Pembiayaan dapat memberikan pembiayaan melalui platform Bsalam mulai sebesar Rp.3.000.000,- serta diatasnya dengan kelipatan Rp.500.000,-

Jangka waktu proses pembiayaan adalah selama 14 hari sejak pengajuan.

Bsalam saat ini tidak megenakan biaya apapun kepada Pemberi Pembiayaan.

Bsalam mengenakan biaya layanan kepada Penerima Pembiayaan sebesar 2,5% dari limit pembiayaan yang diterimanya.

Proyeksi pendapatan/biaya bagi hasil pembiayaan melalui platform Bsalam sekira setara dengan 16 s.d. 18% pa. Untuk mengetahuinya dapat melihat simulasi perhitungan disini.

Akad dan skema pemberian pembiayaan di Bsalam menggunakan akad dan skema musyarakah. Musyarakah adalah kerja sama usaha patungan antara dua pihak atau lebih pemilik modal (syarik/shahibul maal) untuk membiayai suatu jenis usaha (masyru) yang halal dan produktif dengan pembagian keuntungan sesuai bagi hasil yang disepakati.

Bsalam tidak mensyaratkan jaminan yang berbentuk fixed asset apapun, namun memerlukan jaminan sbb :

  • Corporate Guarantee disertai gadai saham pemilik dari PPIU/PIHK Penerima Pembiayaan di Bsalam
  • Ijin PPIU dan PIHK yang masih berlaku
  • Cek/BG senilai pokok pembiayaan dan proyeksi bagi hasil

Pengguna dapat mencoba merefresh halamannya dan jika masih ada kendala teknis dapat menghubungi info@bsalam.id melalui form hubungi kami atau menghubungi kemai melalui nomor telepon 021 83589544.

Sehubungan dengan akad pembiayaan menggunakan musyarakah maka Pemberi Pembiayaan dapat ikut menanggung kerugian yang timbul dalam pelaksanaan Akad ini, kecuali apabila kerugian tersebut terjadi karena ketidakjujuran, kelalaian, dan/atau pelanggaran yang dilakukan Penerima Pembiayaan terhadap ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Perjanjian Pembiayaan.